image1 image2 image3 image4 image5

Bidang Pembinaan PMR & Relawan

KSR PMI Unit UNMUHA Gelar DIKLATSAR

Seremoni pembukaan Diklat KSR UnmuhaKorps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) mengelar pembukaan Pendidikan dan Latihan Daras (Diklatsar) XII di Aula Biro Rektorat kampus, Senin (23/10). Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik Mahasiswa untuk menjadi relawan kemanusian dengan tema “Satukan komitment jiwa yang baru dalam membangun kader relawan yang berkualitas.” Peserta kegiatan Diklatsar ke XII berjumlah 12 orang, yang berlangsung selama 7 hari dimulai tanggal 23 samapi 29 Oktober 2017 di Krueng Jree, Aceh Besar.

Materi yang di ajarkan pada Diklarsar sesuai modul manajement PMI antara lain Sejarah Palang Merah, Pertolongan Pertama, Tanggap Darurat Bencana. Assesment, Restoring Family Link(RFL),Water and Sanitation (Watsan), Kesehatan Remaja, Dapur Umum dan materi wajib tutur ketua KSR PMI Unit UNMUHA Ulil Amri. Kegiatan pembukaan tersebut di hadiri oleh Ketua PMI Banda Aceh, Wakil Rektor III, Kepala Markas, Ketua KSR, Senior, Perwakilan KSR Se-Banda Aceh dan Aceh Besar serta UKM.

Kegiatan Diklatsar KSR Unit UNMUHA di buka langsung oleh Rektor UNMUHA yang diwakili oleh Wakil Rektor III Ir H Zardan Araby MT dalam sambutannya beliau menyampaikan “setiap kegiatan UKM adanya pengkaderan, mudah-mudahan peserta yang mengikuti kegiatan Diklatsar KSR PMI UNMUHA mengikuti sampai dengan selesai sehingga bisa menjadi relawan PMI, oleh karena itu maka gunakan kesempatan sebaik-baiknya untuk ikut diklat.”

Read more...

KSR PMI Unsyiah Didik Relawan Baru

Kepala Biro Kemahasiswaan Unsyiah Drs. M. Nasir Usman menyematkan slayer kepada Calon peserta Diklatsar ke XXVI Rabu 27-09.JPGKorps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengelar kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) ke XXVI di Gedung Gelangang Mahasiswa, Darussalam, Rabu (27/09). Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik Mahasiswa untuk menjadi relawan kemanusian dengan tema “Peduli, Sigap,dan Berkarakter.”

Kegiatan Diklatsar diikuti oleh 150 orang peserta yang berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 27 September - 1 Oktober 2017, Materi yang di ajarkan pada Diklarsar sesuai modul manajement PMI antara lain Sejarah Palang Merah, Pertolongan Pertama, Tanggap Darurat Bencana. Assesment, Restoring Family Link (RFL), Water and Sanitation (Watsan), Kesehatan Remaja, Dapur Umum dan materi wajib tutur ketua Panitia Pipit Yunailisa.

Read more...

Safriadi Ibrahim Pimpin TSR Kota Banda Aceh

Ketua TSR Safriadi Ibrahim 2016-2018Tenaga Sukarela (TSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengelar pemilihan ketua baru periode (2016-2018) di Markas PMI Kota Banda Aceh, Minggu (20/03). Kegiatan ini bertujuan untuk regenerasi kepemimpinan yang berkarakter, professional dalam mendukung tugas kemanusian.

TSR merupakan individu secara sadar dan sukarela mendaftarkan diri sebagai anggota biasa PMI untuk berperan aktif dalam memperkuat manajemen pengembangan organisasi dan pelayanan kepalangmerahan sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Menjadi seorang TSR PMI Kota Banda Aceh sangatlah mudah, dengan syarat usia 18 tahun dan tak terbatas, mengikuti orientasi kepalangmerahan, serta mengikuti pelatihan spesialisasi yang akan di ambil.

Pemilihan ketua TSR dihadiri oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh Qamaruzzaman Hagny ketika dikonfirmasi menyampaikan “Selamat kepada ketua TSR terpilih periode 2016-2018 Safriadi Ibrahim, S.Sos Serta terimakasih kepada ketua TSR lama Kurniawansyah Putra yang telah mengabdi untuk kemanusian.”

Read more...

Indra Saputra Pimpin KSR Markas

Komandan KSR Markas Kota Banda Aceh Indra Saputra Periode 2017-2019

Korps Sukarela (KSR) unit Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengelar Musyawarah Besar (MUBES) di Aula UTD PMI Banda Aceh, Sabtu (09/09). Kegiatan tersebut mengusung tema “Mewujudkan Persatuan Antar Relawan KSR Markas.”

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi dan pertanggung jawaban pengurus KSR Unit Markas Periode 2015-2017 dan pemilihan ketua KSR unit Markas baru periode 2017-2019 tutur Ketua Panitia M. Iqbal Purnama.

Pada pembukaan Mubes dihadiri oleh Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hangy, Kepala Markas Safriadi Ibrahim, Peserta Mubes, dan Perwakilan KSR se-Banda Aceh.

Mubes berlangsung alot yang dimulai dengan pemilihan presidium sidang, laporan pertanggung jawaban kepengurusan periode 2015-2017 dan terakhir membahas kriteria bakal calon dan pemilihan ketua KSR Unit Markas.

Pada pemilihan ketua KSR Unit Markas menetapkan dua orang calon ketua diantaranya Indra Saputra yang memperoleh 14 suara sedangkan Awalin Ridha memperoleh 8 suara. Dengan demikian Indra Saputra berhasil terpilih menjadi ketua KSR Unit Markas Periode 2017-2019 yang memperoleh suara terbanyak pada pemilihan.

Read more...

Pelatihan MTDB PMI Provinsi Aceh

pelatihan mtdbPeningkatan kapasitas relawan dan organisasi PMI dalam kesiapsiagaan bencana menjadi hal utama dalam prabencana. Pelatihan manajemen tanggap darurat bencana (MTDB) korlap menjadi proses peningkatan kapasitas relawan PMI yang nanti bertugas di lapangan pada kabupaten/kota masing-masing.

Wujud dari pengurangan resiko bencana yang dilakukan PMI dengan mengadakan pelatihan manajemen tanggap darurat bencana pada 8 sampai dengan 13 September 2015 di Markas PMI Provinsi Aceh. Sejumlah 25 orang relawan PMI ikut dalam pelatihan ini. Pelatihan ini dibagi kedalam dua metode, tiga hari peserta dibekali dengan materi lokal dan tiga hari praktek dan simulasi lapangan.

Perlu adanya perawatan akan fasilitas yang dimiliki PMI Provinsi Aceh juga menuntut mengaktifkan posko pengendali bencana untuk simulasi pelatihan tanggap darurat bencana. Dalam situasi normal ini, perawatan akan fasilitas yang di miliki Markas PMI Provinsi Aceh sekaligus memastikan peralatan berfungsi dengan baik jika terjadi bencana sebagai kesiapsiagaan menjadi sebuah keharusan.

Read more...

Joomla SEO by AceSEF